Saturday, January 28, 2012

Tanda - Tanda Adanya Barokah


Tanda – Tanda Adanya Barakah
          Tidak berbeda dengan vitamin – vitamin diatas yang mempunyai tanda- tanda, maka barakah juga mempunyai tanda-tanda, yang antara lain sebagai berikut;
1.        Barang yang mempunyai barakah ialah setiap barang yang dapat bertambah bahagia, bersenang hati seolah – olah tidak ada kesulitan dan sebagainya
2.        Harta yang barakah, yaitu harta yang selalu menyenangkan pemiliknya, hidup berbahagia dengan keluarga, rukun dmai dan ramah dengan tetangganya. Sebaliknya harta yang tidak barakah ialah harta dimana pemiliknya selalu ditimpa kesusahan, kesulitan , bahkan suatu ketika membawa fitnah dan bencana.
3.        Makan dan minuman  (air )  yang barakah ialah yang memakan menjadi sehat, puas,  nikmat, segar, merasa bahagia sesudah memakan atau meminum. Bahkan seperti makanan atau minuman yang tidak barakah, meskipun makanan atau minuman secara lahiriyah memang enak dan segar akan tetapi rasa nikmat dan bahagianya boleh dikata tidak dapatr dikenyam dengan puas, melainkan justru merasa kurang puas, kebaahagiaan hilang, bahkan kadangkala menyebabkan timbulnya penyakit yang aneh- aneh atau belum ditemukan obatnya
4.        Tanda seseorang yang diberkati oleh Tuhan adalah hidupnya selalu membawa kesejukan dan manfaat bagi manusia lain. Dia senantiasa dijadikan rujukan dan perlindungan oleh orang yang memerlukannya.

Hakekat Barokah


Hakekat Barakah

          Sebenarnya menurut ajaran agama Islam barakah itu ' Ada". Hal ini hanya dapat dirasakan oleh orang – orang yang mempercayai perkara – perkara yang ghoib.
Bagi orang – orang yang mendambahkan peranan akal  yang cinta pada kenyataan yang harus dapat dilihat oleh indra, sungguh sulit untuk menemukan hakikat barakah bahkan bisa jadi tertutup penglihatan hatinya. Dalam arti kata mereka sudah tidak dapat menerima segala sesuatu yang tampak wujud dihadapan indra.
Tetapi suatu hal yang menjadi keanehan kaum yang beraliran serba kebendaan dan harus wujud ini mempercayai penuh dengan adanya apa yang disebut ' vitamin' dalam ilmu biologi.
Mereka percaya bahwa vitamin A terletak pada tumbuh –tumbuhan yang hijau, vitamin B terletak dalam ragi, hati dan susu, vitami C terletak dalam buah jeruk,sirup, vitamin D terletak dalam minyak ikan dan seterusnya. Masing – masing vitamin ini oleh mereka diketahui pada kegunaanya.
Pada suatu saat apabila mereka ini ditanya: Apakah yang dinamakan vitamin itu, bagaimana bentuk dan warnanya, apakah dapat dilihat, berilah contohnya.
Suatu pertanyaanpun tidak akan ada yang terjawab sesuai dengan rumus kenyataan, paling –paling mereka hanya dapat memberikan jawaban yang meyakinkan kepada pihak penanya bahwa ' vitamin itu  ada dengan tanda-tandanya'.
Begitu pula dengan keadaan barakah, tidak seorang pun dapat menunjukkan atau memperlihatkan secara nyata, baik bentuk atau rupanya, tetapi dengan melihat tanda-tanda yang ada, maka yakinlah bahwa barakah itu ' Ada". 

Pengertian Barokah

Pengertian Barakah

Barakah menurut arti lughat adalah berkat,  bahagia, untung, tumbuh dan berkembang. Menurut Kamus Al Muhith, Barakah artinya ialah bergerak, tumbuh,bertambah atau bahagia ( Al Muhith,III: 293 )
Menurut Imam Syamsuddin  al- Sakhawi, barakah adalah:
اَلْمُرَادُ بِالْبَرَكَةِ  النُّمُوُّ وَالزِّيَادَةُ مِنَ الْخَيْرِ وَالْكَرَامَةِ
" Yang dimaksud dengan barakah adalah berkembang dan bertambahnya kebaikan dan kemuliaan"
Sesuatu dianggap mempunyai barakah bila ia tumbuh, bergerak dan memberi kebahagiaan kepada yang mempuyai.
Penertian barakah ini kemudian tumbuh dan berkembang di tengah – tengah masyarakat Islam sehingga menjadi suatu istilah tersendiri
   Imam Al Khazin berpendapat bahwa penertian barakah atau berkat,yaitu:
ثُبُوْتُ الْخَيْرِ اْلاِلٰهِيِّ فِى الشَّيْئِ
"Suatu kebaikan Tuhan yang diletakkan pada sesuatu "
         Maksud kebaikan Tuhan yang diletakkan kepada sesuatu ialah apa saja yang diletakkan oleh Alloh pada diri Nabi, baik itu yang ada pada badannya, bajunya, bahkan ada pula yang diletakkan pada diri para wali, dan para ulama serta para orang- orang yang shaleh dn yang mati syahid
           Ada yang diletakkan pada ayat –ayat suci  dalam surat Yaa-siin, surat al Ikhlas dan lain-lain. begitu juga ada yang diletakkan pada nasi, air,buah kurma dan seterusnya. Pendeka kata kebaikan Tuhan itu banyak sekali, melimpah –limpah letaknya sesuai dengan yang dikehendaki dan disayangi
Sedangkan yang dimaksud dengan tabarrukan adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Drs.Imron AM," Tabarruk yaitu ; mengharapkan datangnya kebaikan Ilahi dari sesuatu yang dipercayai memiliki nilai – nilai keberkatan".
Contoh – contoh tabarruk:
-          Shalat di Masjidil haram, dengan mengharapkan memperoleh berkahnya masjid tersebut, yaitu tambahnya pahala dan terkabulnya do'a.
-          Berdo'a di waktu menjelang shubuh, atau sepertiga malam yang terakhir ( waktu sahur), dengan tabarruk dari waktu tersebut, yaitu mengharapkan terkabulnya do'a.

Saturday, January 7, 2012

Hukum dan Jumlah Rakaan Sholat Dluha


HUKUM DAN JUMLAH RAKAAT SHOLAT DLUHA

         Hukum shalat dhuha adalah sunnah .Jumlah rakaat shalat dhuha  sebagaimana dijelaskan diatas adalah paling sedikit dua rakaat dan paling banyak duabelas rakaat. Diantaranya disebutkan dalam sabda Rasulullah sw;
وَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ  صَلّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّى الضُّحَى اَرْبَعًا وَيَزِيْدُ مَاشَاءَ اللَّهُ . رواه مسلم
“ Aisyah r,a berkata:”Rasulullah shalar dhuha empat rakat dan kadang – kadang mlebihi dari itu sekehendak Allah” ( H.R.Muslim )
“ Barangsiapa yang menjalankan shalat dhuha empat rakaat dan sebelum shalat Dhuhur empat rakaat, maka akan didirikan baginya rumah di surga” ( H.R.Thabrani)
وَ عَنْ أُمِّ هَانِىءٍ فَاخِتَةَ بِنْتِ اَبِى طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ذَهَبْتُ اِلَى رَسُوْلِ اللَّهِ  صَلّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْفَتْحِ فَوَجَدْتُهُ يَغْتَسِلُ فَلَمَّا فَرَغَ مِنْ غُسْلِهِ صَلَّى ثَمَانِىَ رَكَعَاتٍ وَذٰ لِكَ ضُحًى. متفق عليه
“ Ummi Hani’, Fakhitah binti Abi Thalib r.a berkata:” Ketika tahun Fath ( yaitu pengambilan kembali kekuasaan kota Makkah) saya pergi menemui Nabi saw, tiba- tiba saya menjumpai beliau sedang mandi, dan ketika selasai mandi beliau shalat dhuha delapan rakaat” ( H.R.Muslim )

Waktu Sholat Dluha


WAKTU SHOLAT DLUHA

Waktu pelaksanaan shalat dhuha dalam beberapa kita dijelaskan; shalat dhuha yakni shalat yang dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu antara naiknya matahri setinggi tombak, kira – kira jam menunjukkan pukul 07.00 sampai pada masuknya waktu dhuhur, kira – kira jam 11.30.
Hal ini diisyaratkan dalam salah satu hadits Rasulullah saw  sebagaimana yang diriwayatkan dari;
 “ Zaid bin Arqam r.a melihat orang – orang shalat dhuha, maka ia berkata:” Ingatlah, sesunguhnya mereka telah mengetahui bahwa  shalat itu dilain sat ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda:” Shalat dhuha itu ( Shalatul awwabin ) shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang – orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak – anak unta bangun karena mulai panas tempat berbaringnya” ( H.R.Muslim )
         Anak – anak unta akan bangun bila sudah mulai terasa panas, dan hal itu terjadi kira pukul 07.00 pagi. Waktu ini adalah waktu permulaan pelaksanaan shalat dhuha.Boleh melaksanakan shalat dhuha pada jam 09.00.Dan  waktu pelaksanakan shalat dhuha pada jam 11.30.