Monday, December 12, 2011

Macam, Tata cara dan hukum membaca sholawat

MACAM, TATA CARA DAN HUKUM MEMBACA SHOLAWAT

Sudah disinggung diatas, bahwa kalau shalawat itu dilaksanakan oleh hamba kepada Alloh, maka maksudnya bahwa hamba itu menunaikan ibadah atau berdo’a ( (memohon kepada-Nya ).
Tetapi kalau Alloh bershalawat atas hamba-Nya, mak shalawat dalam hal ini artinya bahwa Alloh mencurahkan rahmat-Nya – Alloh melimpahkan berkah-Nya.
 Dengan demikian maka shalawat Alloh kepada hamba-Nya dibagi dua, yakni “ khusus” dan “umum” . Shalawat khusus ialah shalawat Alloh kepada para nabi-Nya, istimewanya kepada Nabi Muhammad SAW. Shalawat umum ialah shalawat  Alloh kepada hamba-Nya yang mu’min.
Sedangkan mengenai bentuk redaksinya, shalawat itu ada dua macam, yaitu Shalawat Ma’tsur dan Shalawat Ghoiru Ma’tsur. Shalawat Ma’tsur adalah shalawat yang dibuat oleh Rasululloh SAW sendirir, baik kalimat, cara membaca, waktu maupun fadhilahnya.
Adapun shalawat Ghoiru Ma’tsur adalah shalawat yang dibuat oleh selain Rasululloh SAW,misalnya  shalawat Munjiyat yang dibuat oleh Syaikh Abdul Qasir al – Jailani, shalawat Fatih yang dibuat oleh Syikh Ahmad at Tijani, dan lain – lain.
Shalawat – shalawat yang Ma’tsur adalah sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasululloh SAW:
عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ قَالَ: قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ اَمَّاالسَّلاَمُ عَلَيْكَ فَقَدْ عَرَفْنَاهُ فَكَيْفَ  الصَّلاَةُ ؟ قَالَ: قُوْلُوْا اَللهُمّّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ  مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَيْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.اَللهُمّّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ  مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
“ Ka’ab bin Ujrah berkata,” Dikatakan, Wahai Rasululloh ! Adapun ( cara mengucapkan ) salam kepadamu, sungguh kami telah mengetahuinya, lalu bagaimana bershalawat kepadamu ?” Beliau menjawab,” Ucapkanlah,” Ya Alloh berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah  Maha Terpuji lagi Maha Agung. Dan berilah barakah  kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah  Maha Terpuji lagi Maha Agung
           Ibnu Abi Laili berkata,” Ka’ab telah menemuiku dan berkata,” Bukankah aku telah menghadiahi kamu  suatu hadiah yang telah diberikan Rasululloh pada kami ?” Kami berkata,” Wahai Rasululloh, kami telah mengetahui bagaimana  ( cara mengucapkan ) salam kepadamu, lalu bagaimana bershalawat kepadamu ?” Beliau menjawab,” Ucapkanlah
اَللهُمّّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ  مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَيْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللهُمّّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ  مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
,” Ya Alloh berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah  Maha Terpuji lagi Maha Agung. Dan berilah barakah  kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah  Maha Terpuji lagi Maha Agung  ( H.R.Bukhari –Muslim )
وَعَنِ أَبِى مَسْعُوْدٍ الْبَدْريِّ رَضِِيَ اللهُ عَنْهُ قاَلَ: اَتَانَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ فِى مَجْلِسِ سَعْدِ بْنِ عُبَادَةَ رَضِِيَ اللهُ عَنْهُ فَقَالَ لَهُ بَشْرُ بْنُ سَعْدٍ  اَمَرَنَا اللهُ أَنْ نُصَلِّى عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ نُصَلِّى عَلَيْكَ ؟ فَسَكَت رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى تَمَنَّيْنَا أَنَّهُ لَمْ يَسْأَلْهُ ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَوْلُوْا اَللهُمّّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ  مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَيْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ.  وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ  مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.وَالسَّلاَمُ كَمَا قَدْ عَلِمْتُمْ.رواه مسلم
“ Abu Mas’ud Al-Badry r.a berkata,” Ketika kami berada di majlis Sa’d bin Ubadah, tiba – tiba Rasululloh SAW dating kepada kami. Lalu ditanya oleh Basyr bin Sa’ad,” Alloh menyuruh kami membaca shalawat atamu wahai Rasululloh, maka bagaimakan cara membaca shalawat itu ? Rasululloh dia sejenak, hingga kami merasa khawatir kalau – kalau pertanyaan itu salah, tetapi kemudian beliau bersabda,” Bacalah,” ,” Ya Alloh berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim Dan berilah barakah  kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah  Maha Terpuji lagi Maha AgungDan mengenai sungguh telah kami ketahui  ( H.R.Muslim )
وَعَنْ أَبِى حُمَيْدٍ السَّاعِدِىِّ رَضِِيَ اللهُ عَنْهُ قاَلَ: قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ نُصَلِّى عَلَيْكَ ؟ قَالَ اَللهُمّّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَزْوَجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ   كَمَا صَلَيْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ.  وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَزْوَجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ   كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اٰلِ  اِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
“ Abu Hamid as Sa’idy r.a berkata, Para Shahabat bertanya,” Wahai Rasululloh bagaimana cara membaca shalawat kepadamu ?” Jawab Nabi,” Ya Alloh berilah rahmat kepada Nabi Muhammad, para istri dan anak keturunanya  sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim Dan berilah barakah  kepada Nabi Muhammad, para istri dan anak keturunanya  ,sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah  Maha Terpuji lagi Maha Agung( H.R.Bukhari –Muslim )
Adapun Shalawat yang masuk kategori Ghoiru Ma’tsur, adalah seperti shalawat yang disusun oleh Imam Al Ghazali, shalawat Quthbul Aqthab yang disusun oleh Sayid Abdullah bin Alawi Al-Hadad, Shalawat Nariyah, Shalawat Munjiyat, Shalawat Mukhathab dan lain – lain. Shalawat – shalawat itu bunyinya adalah  :
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ  صَلاَةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً  تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقَى بِبَقَائِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلاَ غَايَةَ لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلاَ جَزَاءَ لِقَائِلِهَا وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَنَّتِكَ وَالنَّظَرِ اِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ
“ Ya Alloh, limpahkanlah kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad, rahmat yang kekal dan terus  menerus, ia kekal karena kekal-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu,. Tiada ujung baginya tanpa keridhaan-Mu dan tiada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihat kepada wajah-Mu Yang Mulia
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ فِى اْلاَوَّلِيْنَ وَ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ فِى اْلاَخِرِيْنَ وَ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ فِى النَّبِيِّيْنَ وَ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ فِى الْمُرَسَلِيْنَ وَ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلاَءِ اْلاَعْلَى اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ  
“ Ya Alloh, berikanlah  ramhat dan ta’zhim kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad pada ( abad – abad  ) pertama,dan berikan ramhat dan ta’zhim kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad pada ( abad – abad  )terakhir,dan berikanlah  ramhat dan ta’zhim kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad pada para Nabi,dan berikanlah  ramhat dan ta’zhim kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad pada para Rasul,dan berikanlah  ramhat dan ta’zhim kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad pada orang – orang tertingi sampai pada hari kiamat”
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفْتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِ نَا وَمَوْ لاَنَا مُحَمَّدٍ نِالْمُخْتَارِ وَاٰلِهِ اْلاَطْهَرِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نعَمِ اللهِ وَاِفْضَالِهِ 
“ Ya Alloh, limpahkanlah kepada cahaya beberapa cahaya, rahasia beberapa rahasia, luhurnya orang yang mulia, kunci pintu kemudahan, junjungan dan tuan kami Muhammad SAW yang terpilih, kepada keluarganya yang suci dan para shahabat beliau yang mulia, sebanyak nikmat dan anugerah-Nya.”
       Shalawat – shalawat ghoiru ma’tsur inilah yang menimbulkan pertentangan di kalangan ulama Islam. Ada yang menerima dan ada yang menolak, ada yang membolehkan dan ada yang mengharamkan, bahkan ada yang menyuruh membuangnya dengan alasan didalamnya penuh dengan kesyirikan. Permasalahan inilah yang akan menjadi   salah satu pembahasan dalam buku ini.
         Dan kenyataanya setelah diselidiki ternyata semua shalawat itu tidak ada yang menyimpang dari rel – rel agama, atau termasuk hal – hal yang dilarang oleh Rasululloh SAW. Membuat do’a dan menyusun shalawat sudah oleh para  shahabat pada Rasululloh SAW. Ini dibuktikan dengan apa yang disaksikan oleh Rasululloh SAW pada saat menyaksikan seorang A’rabi yang berdo’a dengan susunanya sendiri, Rasululloh tidak menegurnya atau melarangnya, bahkan malah memuji dan  memberinya hadiah. Membuat  shalawat untuk Nabi pun pernah dilakukan dan dicontohkan para shahabat Rasululloh SAW  sebagaimana dilakukan oleh Abdullah bin Mas’ud dan shahabat lainya.
Selanjutnya hukum membaca Shalawat ini ada beberapa pendapat. Sebagaimana dijelaskan oleh  Syahatah Muhammad Shaqr, “ Ada beberapa pendapat di kalangan ulama dan landasan disyariatkanya shalawat.
Pertama, berhalawat wajib dilakukan minimal sekali seumur hidup, baik ketika shalat maupun lainya, sebagaimana mengucapkan kalimat tauhid   ( syahadatain ).
Dalam Ushul Fiqih, perintah itu hanya dilaksanakan sekali saja dan tidak perlu diulang. Al – Qadhi Iyadh dan Ibnu Abdil Barr mengatakan,” Pendapat ini adalah pendpat Jumhur ulama kaum muslimin “
Kedua,wajib memperbanyak shalawat tanpa ada ikatan dan batasan jumlah
Ketiga, wajib bershalawat  setiap kali nama Muhammad SAW disebutkan.
Keempat ,wajib bershalawat setiap kali melakukan tasyahud akhir dalam shalat.
Kelima,bershalawat hukumnya mustahab ( sunnah dan tidak wajib.
Juga masih banyak pendapat lain di kalangan ulama.
Untuk lebih jelasnya bias kit abaca pada kitab – kitab fiqih yang membahas menengai hokum bershalawat kepada Rasululloh SAW
                                            Dikutip dari Buku : HUJJAH ASWAJA
                                                  Pengarang : Drs. Moh. Syaifulloh Al Azizi

No comments:

Post a Comment